Syarat dan Ketentuan

Jobs Indonesia menetapkan ketentuan yang mengatur hubungan antara Pengguna dan Pengguna Jobs Indonesia yang mengakses dan atau menggunakan salah satu atau semua layanan yang disediakan oleh Jobs Indonesia melalui Internet. Jobs Indonesia juga menetapkan Kebijakan Privasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku sebagai upaya terbaik untuk melindungi informasi pribadi dan kepentingan pengguna.

Penggunaan istilah ini mempengaruhi hak dan tanggung jawab dari Pengguna di bawah hukum yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk membaca Ketentuan Penggunaan dengan teliti dan hati-hati sebelum mengakses dan / atau menggunakan beberapa atau semua layanan Jobs Indonesia. Jika pengguna tidak menyetujui satu atau kedua Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, pengguna diharapkan untuk tidak bergabung, mengakses, melihat, mengunduh, atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Jobs Indonesia.

Dengan mengakses dan / atau menggunakan jasa Jobs Indonesia secara terus menerus, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami isi dari Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, dan bahwa pengguna setuju untuk terikat dan memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan oleh Jobs Indonesia.

  1. Pasal 1 (Definisi)
  2. Pasal 2 (Tujuan)
  3. Pasal 3 (Perlindungan Informasi Pribadi Anggota)
  4. Pasal 4 (Hak Kekayaan Intelektual)
  5. Pasal 5 (Timbulnya Syarat Perjanjian Layanan)
  6. Pasal 6 (Kekuatan Pelaksanaan Perjanjian ini)
  7. Pasal 7 (Interpretasi)
  8. Pasal 8 (Pemberitahuan dan Perubahan Syarat Penggunaan)
  9. Pasal 9 (Penerimaan dan Pembatasan dalam Berlangganan)
  10. Pasal 10 (Deskripsi Layanan)
  11. Pasal 11 (Syarat Layanan)
  12. Pasal 12 (Pemutusan Ketentuan Layanan Sementara)
  13. Pasal 13 (Ketentuan Informasi dan Iklan Posting)
  14. Pasal 14 (Tanggung jawab untuk Konten dan Hak Verifikasi Informasi)
  15. Pasal 15 (Kewenangan Konten dan Penggunaannya)
  16. Pasal 16 (Kewajiban Perusahaan)
  17. Pasal 17 (Kewajiban Anggota)
  18. Pasal 18 (Ganti Rugi)
  19. Pasal 19 (Sangkalan Tanggung Jawab)
  20. Pasal 20 (Batasan Tanggung Jawab)
  21. Pasal 21 (Ketentuan Keselamatan)
  22. Pasal 22 (Force Majeure)
  23. Pasal 23 (Penyelesaian Sengketa)
  24. Pasal 24 (Pembayaran Kembali)

Pasal 1 (Definisi)

Beberapa istilah yang digunakan dalam dokumen ini memiliki arti sebagaimana didefinisikan di bawah:

  1. "Website" adalah bisnis virtual yang dimiliki dan didirikan oleh Jobs Indonesia dengan komputer dan fasilitas TI lainnya, yaitu www.jobsindonesia.com, untuk memberikan layanan kepada pengguna.
  2. "Jasa" berarti (I) pekerjaan pengelolaan dan pemberian informasi pekerjaan dari perusahaan yang terdaftar melalui website Jobs Indonesia; (II) pekerjaan membangun dan mengumpulkan database informasi pengguna  mulai dari data pribadi, foto, dan CV, yang dikumpulkan untuk tujuan mencari pekerjaan; dan (III) setiap dan semua layanan yang terkait yang disediakan oleh situs web.
  3. "Pengguna" atau "Para Pengguna" adalah anggota dan non-anggota yang mengakses dan / atau menggunakan layanan yang disediakan oleh Jobs Indonesia.
  4. "Anggota" atau "Anggota" adalah "anggota individu" yang telah menandatangani perjanjian dengan Jobs Indonesia untuk menerima layanan yang disediakan dengan memberikan persetujuan kepada Syarat Penggunaan atau melalui layanan terkait seperti Facebook.
  5. "Non-anggota" adalah orang-orang yang ingin menggunakan Jobs Indonesia tanpa layanan berlangganan sebagai Anggota.
  6. "ID" adalah alamat surat elektronik (e-mail) yang digunakan oleh Anggota ketika berlangganan untuk menjadi anggota untuk mencocokkan data atau meng-upgrade identitas dan penggunaan Layanan.
  7. "Password" adalah kombinasi dari huruf dan angka yang telah dipilih oleh anggota untuk memverifikasi apakah orang yang ingin menggunakan layanan Jobs Indonesia tersebut adalah orang yang sama yang diberikan ID dan untuk melindungi hak-hak dan kepentingan anggota.
  8. "Konten" adalah iklan lowongan kerja yang ditampilkan di website Jobs Indonesia atas permintaan dan persetujuan dari perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan.

Pasal 2 (Tujuan)

Tujuan dari penggunaan istilah ini adalah, berkenaan dengan mengakses dan / atau menggunakan layanan berbasis Internet yang disediakan oleh situs yang dioperasikan oleh Jobs Indonesia, menjelaskan penggunaan Syarat Website dan Pengguna, setiap dan semua prosedur yang terkait dan hal-hal  lainnya yang dibutuhkan.

Pasal 3 (Perlindungan Informasi Pribadi Anggota)

Informasi Pribadi anggota ini penting untuk Jobs Indonesia. Oleh karena itu, Jobs Indoensia harus memiliki upaya untuk melindungi informasi pribadi milik anggota sesuai dengan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jobs Indonesia telah mengembangkan dan merancang Kebijakan Privasi untuk melindungi informasi pribadi, pengungkapan kepemilikan anggota adalah demi pentingnya bagaimana Anggota menggunakan layanan yang disediakan oleh Jobs indoneisa dan cara Jobs Indonesia mampu memperolehnya, mengumpulkan dan menggunakan pribadi informasi milik anggota. Jobs Indonesia sangat mendorong pengguna untuk membaca dengan seksama dan teliti Kebijakan Privasi sebelum menyetujui berlakunya Ketentuan Penggunaan.

Pasal 4 (Hak Kekayaan Intelektual)

Semua konten website, termasuk namun tidak terbatas pada informasi, teks, grafik, gambar, desain, desain lainnya, foto, logo, database, dan konten lainnya adalah properti eksklusif Jobs Indonesia  atau pemberi lisensinya, dilindungi oleh undang-undang di bidang kekayaan intelektual hak yang berlaku di Indonesia, antara lain, UU Hak cipta, Merek Dagang, Paten dan hak kekayaan intelektual lainnya. Dilarang menerbitkan, download, mereproduksi, mendistribusikan, menyimpan, mendistribusikan, mentransmisikan, menjual, menyesuaikan, mengubah, merusak, menghancurkan, menghilangkan, menggunakan, dan memanfaatkannya untuk tujuan bisnis sebagian atau seluruh isi milik dari situs Jobs Indonesia tanpa izin tertulis dari Jobs Indonesia. Pengguna yang diizinkan untuk men-download atau menyalin sebanyak 1 (satu) salinan dari konten situs untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk tujuan bisnis, asalkan konten tetap utuh, tidak hancur, dihapus, atau diubah. hak kepemilikan eksklusif atas konten tersebut tetap pada Jobs Indonesia dan pengguna tidak memiliki hak atau kepentingan dalam atau untuk isi atau bagian dari konten sebagai akibat dari mengunduh atau menyalin pekerjaan.

Pasal 5 (Timbulnya Syarat Perjanjian Layanan)

  1. Jika seseorang yang ingin mengadakan perjanjian layanan ( "Perjanjian Penyediaan Layanan") dengan Jobs Indonesia membaca Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi dan menekan tombol "Saya setuju" atau "Saya menerima", orang tersebut dianggap memiliki memberikan persetujuan kepada Syarat Pengguna.
  2. Sehubungan dengan permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di atas, Jobs Indonesia dapat meminta konfirmasi tentang nama aslinya dan verifikasi identitas oleh lembaga profesional sesuai dengan jenis keanggotaan. Anggota harus memberikan nama, tanggal lahir, informasi kontak, dll dari data yang diperlukan untuk memverifikasi identitasnya.
  3. Syarat Perjanjian Layanan muncul ketika mengisi  formulir aplikasi Jasa Anggota (dalam hal ini, formulir berlangganan keanggotaan) dan diumumkan Jobs Indonesia  di website atau memberikan pemberitahuan melalui e-mail ke Anggota yang bersangkutan.
  4. Dalam hal pengadaan Syarat Perjanjian Layanan diajukan oleh link ke media dari luar seperti Facebook, Pengiriman Perjanjian Layanan  muncul ketika menekan Anggota "Saya setuju" atau "Saya menerima" untuk mengakses dan / atau menggunakan layanan informasi account dari luar milik Anggota, tampilan Jobs Indoneisa atau mengumumkan Syarat Penggunaan, Kebijakan Privasi dan layanan kepada Anggota di website atau memberikan pemberitahuan kepada Anggota melalui e-mail.

Pasal 6 (Kekuatan Pelaksanaan Perjanjian ini)

Syarat Penggunaan ini merupakan seluruh perjanjian antara pengguna dan Jobs Indonesia terkait untuk akses dan / atau menggunakan Layanan oleh Pengguna Jobs Indonesia. Penggunaan syarat ini memiliki kekuatan dan kekuatan hukum yang mengikat. Kegunaan syarat ini tidak hanya mengikat secara eksplisit yang disediakan di dalamnya, tetapi juga segala sesuatu dari sifat perjanjian atas dasar keadilan, adat istiadat dan hukum. Penggunaan ketentuan ini berlaku dan akan menggantikan semua komunikasi, representasi, jaminan baik lisan atau tertulis, dan ketentuan perjanjian sebelumnya yang ada antara pengguna dan Jobs Indonesia pada subjek Persyaratan Penggunaan.

Pasal 7 (Interpretasi)

  1. Syarat Penggunaan dibuat dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Para pihak dimaksud dalam Ketentuan Penggunaan ini, menyatakan bahwa ia telah setuju untuk mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Hal-hal yang tidak diatur dalam Syarat Penggunaan ini harus mengikuti hukum dan peraturan di Indonesia.
  3. Jika anggota mengadakan perjanjian terpisah dengan Jobs Indonesia, maka perjanjian terpisah akan berlaku.
  4. Jika terdapat ketidaksesuaian antara ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini dengan ketentuan yang diatur dalam perjanjian terpisah lainnya, maka ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini akan digunakan.

Pasal 8 (Pemberitahuan dan Perubahan Syarat Penggunaan)

  1. Jobs Indonesia harus mem-posting rincian lebih lanjut tentang penggunaan ketentuan ini, nama dagang dan lokasi bisnis, nama perwakilan, sertifikat pendaftaran bisnis, informasi kontak, dll dari Jobs Indonesia pada halaman utama yang mudah dilihat oleh Anggota atau memberitahukan hal tersebut kepada Anggota.
  2. Jobs Indonesia dapat mengubah Ketentuan Penggunaan ini asalkan tidak melanggar hukum dan peraturan, termasuk tetapi tidak terbatas pada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, dll
  3. Jika Jobs Indonesia melakukan perubahan pada Syarat Penggunaan, Jobs Indonesia harus memberitahu ketentuan mengenai penggunaan hasil dari perubahan ini, bersama dengan tanggal mulai berlaku dan alasan untuk perubahan tersebut, dalam waktu tujuh (7) hari sebelum tanggal efektif perubahan sampai hari sebelum berlakunya.

Pasal 9 (Penerimaan dan Pembatasan dalam Berlangganan)

  1. Pada prinsipnya, Jobs Indonesia harus menerima permintaan layanan yang diajukan oleh pengguna sesuai dengan Pasal 1 ayat (2) dalam rangka aplikasi diterima, kecuali jika diterima akan menimbulkan masalah bisnis atau masalah teknis.
  2. Jobs Indonesia tidak akan menerima permintaan layanan di bidang-bidang berikut:
    • Jika permohonan diajukan dengan menggunakan nama yang tidak / nama nya nyata atau nama orang lain; atau
    • Jika formulir aplikasi diisi dengan informasi palsu.

Pasal 10 (Deskripsi Layanan)

  1. Jobs Indonesia dapat menyediakan layanan sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 1 ayat (2) di atas, dengan deskripsi berikut:
    1. Layanan untuk pencari kerja untuk mendaftar dan menyediakan informasi pribadi termasuk CV dengan tujuan penerapan dalam pekerjaan yang tersedia melalui situs Jobs Indonesia;
    2. Layanan bagi perusahaan dan pengusaha untuk menampilkan dan mempromosikan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan;
    3. Setiap dan semua layanan yang terkait dengan pemeriksaan informasi kandidat;
    4. Layanan yang berhubungan dengan komunikasi dan pertukaran informasi di antara pengguna;
    5. Setiap dan semua layanan yang terkait dengan penyediaan informasi tentang perekrutan dan bantuan pencarian kerja; dan
    6. Layanan lain yang dikembangkan atau disediakan secara terpisah oleh Job Indonesia kepada Anggota melalui perjanjian kerjasama, dll.
  2. Jobs Indonesia dapat menambah atau mengubah Deskripsi Layanan, jika perlu; tetapi dengan ketentuan bahwa Jobs Indonesia harus menginformasikan tentang rincian penambahan dan perubahan pada Anggota.

Pasal 11 (Syarat Layanan)

  1. Jobs Indonesia menyediakan layanan 24 jam sehari, tujuh (7) hari seminggu, kecuali dalam keadaan tertentu; tetapi dengan syarat bahwa Jobs Indonesia dapat membangun layanan terpisah untuk penyediaan jasa tertentu tergantung pada jenis atau superioritas. Dalam hal demikian, Jobs Indonesia akan memberikan kepada Anggota pengumuman atau pemberitahuan terlebih dahulu dari penyediaan layanan tersebut.
  2. Dalam kasus sesi sistem kerja untuk memproses data atau update, sesi pekerjaan pemeliharaan untuk memperbaiki kerusakan, kerusakan sirkuit, dll, Jobs Indonesia dapat menghentikan layanan untuk sementara waktu. Jika ada sesi kerja terjadwal, Jobs Indonesia harus mengumumkan lamanya waktu penghentian sementara dan deskripsi pekerjaan di papan pengumuman.

Pasal 12 (Pemutusan Ketentuan Layanan Sementara)

  1. Jobs Indonesia telah menyampaikan pemberitahuan kepada Anggota ketika kebutuhan muncul, termasuk alat-alat pemeliharaan;
  2. Sebuah penyedia layanan telekomunikasi berbasis fasilitas sementara menghentikan penyediaan layanan telekomunikasi; atau
  3. Sebaliknya secara obyektif tidak mungkin untuk memberikan pelayanan karena force majeure.

Pasal 13 (Ketentuan Informasi dan Iklan Posting)

  1. Jobs Indonesia dapat memberikan Anggota berbagai macam informasi melalui e-mail atau layanan pos di mana kebutuhan penggunaan yang sudah dikenal, atau yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan atau mengumumkan layanan berdasarkan keanggotaan.
  2. Jobs Indonesia dapat menampilkan iklan yang terkait dengan Layanan pada layar, website, dll dan dapat memberitahukan Anggota via e-mail.
  3. Jobs Indonesia tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari partisipasi, atau pertukaran informasi atau transaksi dengan kegiatan promosi iklan yang dibuat pada atau melalui Layanan.
  4. Anggota Layanan ini dianggap telah memberikan persetujuan untuk posting iklan yang terkena selama ia menggunakan Layanan.

Pasal 14 (Tanggung jawab untuk Konten dan Hak Verifikasi Informasi)

  1. Anggota wajib membuat konten dengan baik dan benar. Pada dasarnya, konten harus dibuat oleh Anggota sendiri.
  2. Jobs Indonesia akan memeriksa kembali dan melakukan penyaringan dari konten yang telah dibuat oleh Anggota sehingga Jobs Indonesia akan memuat konten pada situs web jika tidak bertentangan dengan "Aturan tentang Penghapusan Konten" serta syarat dan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17. Jika postingan di situs web ini tidak diperbolehkan karena melanggar "Aturan tentang Penghapusan konten" atau kewajiban Anggota, konten tidak boleh diposting di website tanpa  pemberitahuan sebelumnya kepada Anggota yang bersangkutan.
  3. Jika ada kesalahan ejaan, huruf yang hilang, atau penyebutan kalimat atau isi yang bertentangan dengan konvensi sosial atau yang jelas berdasarkan informasi palsu dalam konten, Jobs Indonesia dapat menghapus atau memperbaikinya setiap saat.
  4. Jika Jobs Indonesia menerima permintaan dari orang lain atau perusahaan lain untuk menghapus data yang telah direkam oleh anggota karena informasi palsu, fitnah, dll Perusahaan dapat menghapus atau tidak untuk mengekspos data yang tanpa pemberian pertama melihat ke Anggota yang bersangkutan.

Pasal 15 (Kewenangan Konten dan Penggunaannya)

  1. Konten yang disediakan oleh Anggota harus diungkapkan secara anonim, dan Jobs Indonesia mendapatkan hak untuk menggunakan isinya setelah diposting.
  2. Anggota dapat merevisi atau menghapus konten setelah sepuluh (10) hari dimasukkan. Konten dapat digunakan sebagai statistik ketenagakerjaan dan tren terkait dan bahan statistik dapat dilaporkan oleh media lain.

Pasal 16 (Kewajiban Perusahaan)

  1. Jobs Indonesia berusaha melakukan semua yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa layanan ini tersedia tanpa gangguan dan stabil sebagaimana didefinisikan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  2. Jobs Indonesia akan segera menangani keluhan dari Anggota, keluhan yang berhubungan dengan Layanan. Jika sulit untuk ditangani segera, Jobs Indonesia harus memberitahu alasan kesulitan dan penanganan jadwal Anggota pada layar dengan layanan atau metode pemberitahuan lainnya.
  3. Jobs Indonesia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diderita sebagai akibat dari layanan sementara karena force majeure atau tak terduga, peristiwa atau gangguan sistem lainnya; tetapi dengan syarat bahwa Jobs Indonesia wajib melakukan yang terbaik untuk mengembalikan data atau memberikan bantuan yang cukup untuk Layanan.

Pasal 17 (Kewajiban Anggota)

  1. Anggota wajib mematuhi undang-undang yang berlaku, Ketentuan Penggunaan ini dan hal-hal lain, seperti diberitahukan oleh Jobs Indonesia. Anggota tidak akan melakukan hal-hal lain yang dapat mengganggu bisnis Jobs Indonesia.
  2. Anggota dilarang untuk meng-copy, mereproduksi, menerjemahkan, menerbitkan, menyiarkan, atau menggunakan informasi yang telah diperoleh dari Layanan tanpa izin dari Jobs Indonesia terlebih dahulu;
  3. Anggota tidak akan menggunakan Layanan untuk tujuan apapun selain untuk mengkonfirmasi informasi perusahaan dan memastikan hubungan kerja yang sehat. Selama jangka waktu pelayanan, anggota dilarang untuk melakukan hal-hal berikut:
    1. Menggunakan ID anggota lain secara tidak sah;
    2. Tindakan/Perilaku yang ditujukan untuk melakukan kejahatan atau tindakan yang berkaitan dengan tindak pidana;
    3. Memfitnah atau menghina orang lain;
    4. Pelanggaran hak kekayaan intelektual dan hak-hak lain yang dimiliki oleh orang lain;
    5. Hacking atau menyebarkan virus;
    6. Terus mengirim pesan tertentu seperti informasi iklan diluar kehendak orang lain;
    7. Melakukan sesuatu yang mengganggu atau mengancam untuk mengganggu stabilitas operasi Layanan;
    8. Memanfaatkan informasi dan Layanan Website untuk keuntungan; dan
    9. Melakukan hal-hal lain yang merugikan norma-norma dan tatanan sosial atau melanggar hukum dan peraturan lainnya yang berlaku.

Pasal 18 (Ganti Rugi)

  1. Jika Jobs Indonesia menimbulkan bahaya terhadap anggota, atau jika pengguna telah menderita kerugian karena hal-hal yang disebabkan oleh Jobs Indonesia yang timbul dari layanan yang disediakan oleh Jobs Indonesia, Jobs Indonesia wajib mengganti kerugian tersebut.
  2. Apabila anggota dari Jobs Indonesia membahayakan pihak ketiga karena ia telah melanggar Syarat Penggunaan, atau jika Jobs Indonesia atau pihak ketiga mengalami kerugian karena hal-hal yang disebabkan oleh Anggota, Anggota harus mengganti rugi kerugian yang ditimbulkan.
  3. Ketika anggota menderita kerugian karena hal-hal yang disebabkan oleh Anggota lain, Jobs Indonesia tidak bertanggung jawab untuk mengganti kerugian mereka.

Pasal 19 (Sangkalan Tanggung Jawab)

Selama itu masih diizinkan oleh undang-undang dan peraturan, Jobs Indonesia dan Perusahaan, Petugas, Direksi, Karyawan, Administration Officer, atau agennya tidak bertanggung jawab dengan cara apapun atau bebas dari klaim untuk kerusakan yang diderita oleh pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang timbul dari atau berkaitan dengan penggunaan Situs, App, dan isinya oleh pengguna atau ketidakmampuan pengguna untuk menggunakan Website, Aplikasi, dan isinya, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan atau kelalaian dalam konten, atau penghapusan, ketidakbenaran atau keterlambatan pengiriman atau kehilangan konten atau materi yang diposting melalui website.

Pasal 20 (Batasan Tanggung Jawab)

  1. Setiap tindakan untuk mengakses atau menggunakan Layanan dari luar Jobs Indonesia atau layanan lainnya melalui Layanan Jobs Indonesia, adalah risiko dan tanggung jawab dari Pengguna sepenuhnya.
  2. Tanpa mengurangi ketentuan di atas, dan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tanggung jawab Jobs Indonesia untuk pengguna di semua klaim yang timbul dari atau berkaitan dengan penggunaan layanan Jobs Indonesia terbatas dengan biaya yang memiliki telah diterima oleh Jobs Indonesia yang terkait dengan layanan yang menimbulkan tuntutan tersebut.

Pasal 21 (Ketentuan Keselamatan)

Jobs Indonesia sedang mencoba untuk mengambil tindakan yang tepat dan wajar untuk menjaga keamanan sistem, data dan layanan yang dioperasikan, diperoleh, dan disediakan oleh Jobs Indonesia. Namun, Jobs Indonesia tidak dapat menjamin keamanan dan karena itu Jobs Indonesia meminta bantuan dari Pengguna untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan sistem, data, dan layanan Jobs Indonesia dengan tidak melakukan hal-hal yang dimaksud dalam Pasal 17 ayat (3).

Pasal 22 (Force Majeure)

Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah setiap keadaan yang berada di luar kekuasaan manusia untuk mencegah dan juga peristiwa yang tidak bisa dihindari oleh Jobs Indonesia atau jika dapat dicegah, biaya untuk membuat upaya untuk mencegahnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan konsekuensi, termasuk namun tidak terbatas pada masalah virus komputer atau Trojan horse atau bahaya dalam komponen sistem yang dapat mengganggu pelayanan Jobs Indonesia, web browser atau sistem komputer atau Internet Service Provider, karena bencana alam, perang, huru-hara, kondisi peralatan, sistem atau transmisi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan acara lainnya atau penyebab lainnya yang berada di luar kendali atau kemampuan berfungsi Jobs Indonesia.

Pasal 23 (Penyelesaian Sengketa)

Jobs Indonesia dan Anggota akan mengerahkan setiap upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap perselisihan yang timbul sehubungan dengan penafsiran atau pelaksanaan Syarat Penggunaan dengan musyawarah untuk mufakat.

Pasal 24 (Pembayaran Kembali)

  1. Jobs Indonesia berhak untuk membatalkan iklan setiap saat dengan alasan apapun.
  2. Tidak akan ada kredit atau pengembalian dana moneter untuk kasus tersebut